Rumus Cara Cepat Hafal Quran

Wednesday, November 18th 2015. | Artikel, Artikel Umum

Insya Allah, kita bisa hafal quran dalam beberapa tahun bila konsisten menerapkan cara cepat baca quran dengan rumus 20×20 berikut ini. Hafal Quran ternyata bukan hanya rejeki untuk orang-orang khusus, kita-pun bisa menjadi hafidz quran bila kuat dan sabar dalam menjalankan usaha (ikhtiar) untuk hafal quran.

Berikut ini rumusnya :

  1. Hafalan quran bisa di bagi dalam 3 ayat. Misal ingin menghafal surat yang berjumlah 15 ayat, maka 15 ayat tersebut di bagi per 3 ayat.
  2. Baca 3 ayat tersebut 20 kali, Bila sudah hafal baca lagi 3 ayat berikutnya 20 kali, lalu bila ingin menghafal ayat ke 7 maka bacalah ayat 1 sd 6 sebanyak 20 kali. Demikian seterusnya.

hafal-quran

Bagaimana dengan hari berikutnya?

Bila ingin menambah hafalan pada hari berikutnya maka bacalah hafalan sebelumnya 20 kali. Demikian seterusnya setiap kali anda mau menambah hafalan, maka ulangi baca 20 kali hingga kokoh.

Bagaimana bila sudah hafal 30 juz?
Bacalah 2 juz setiap harinya, dan dua juz tersebut dibaca 3 kali sehari. Jadi dalam satu hari anda membaca 6 juz. Jadi dalam sebulan anda hatam 2 kali. Lakukanlah itu selama 1 tahun.

Setelah menguasai hafalan dan mengulangnya dengan itqan (mantap) selama 1 tahun, maka jadikanlah Qur’an sebagai wirid harian anda hingga akhir hayat, karena hal seperti itulah yang Rasulullah lakukan. Rasulullah membagi 30 juz menjadi 7 bagian, sehingga beliau khatam quran dalam seminggu.

Kesimpulan :
Dengan melihat kerja keras para hafidz tersebut maka kita bisa menyimpulkan bahwa wajar saja Allah memberikan rejeki sebagai penghafal quran kepada orang-orang yang sabar dalam usahanya.